Skip to main content

HokBen Drive Thru Banjarbaru, Pertama Di Kalimantan

Tips jalan-jalan di Singapura yang hemat tapi Happy

Singapura di Malam hari

Berencana berlibur ke Singapura? Mungkin kamu tidak handal dalam urusan jalan ala backpacker karena biasanya backpacker dilakukan para anak muda. Sedangkan kamu mungkin seorang ibu-ibu atau bapak-bapak yang baru saja akan jalan-jalan sendiri ke Singapura. Nah aku cuma mau berbagi hal apa saja yang bisa dihemat selama perjalanan ke Singapura. berikut daftarnya

1. Beli STP ketika baru tiba di Singapura
apa itu STP? itu adalah Singapore Tourist Pass, digunakan untuk naik transportasi publik seperti MRT atau bis. Dimana hematnya? karena kartu STP ini ada usia paketnya biasanya 3-4 hari, lalu jika kelebihan bisa di perpanjang atau bayar satuan tiap perjalanan. Kalau tanpa STP kalian harus rela repot kalau naik MRT harus beli-beli tiket dulu, dengan STP tinggal tap-tap kartu aja kalau mau naik transportasi publik. Nah, dia akan hemat karena seperti harga bundling. Naik apa saja dan kemana saja tujuannya ya akan segitu habisnya. Lebih hemat juga karena sudah terkontrol, harga terbaru STP bisa check di website resminya di google.

2. Hotel
Hotel yang murah tapi bagus untuk standard emak-bapak sudah aku tulisan di blogku cara mudah memilih hotel di Singapura, silakan dibaca. cara hemat lainnya selain yang aku tulis disitu adalah dengan rajin memantau harga hotel. kalau sudah ketemu yang cocok kalian pantau terus harganya, pas turun harga langsung booking

3. Bawa Bekal
Iya saya faham, kalian pasti ingin merasakan kuliner asli Singapura kan atau kuliner apapun yang tidak ada di Indonesia. Tapi kalian tau sendiri, di Singapura tidak ada yang murah. harga makanan street food kuliner timur tengah yang paling murah saja biasanya $7.0 kalau mau naik dikit makan di subway harganya bisa $14.0 perorang sekali makan. Silakan mencobanya, tapi gunakan 1x waktu makan untuk makan bekal. Misalkan kalian membawa popmie, kalian bisa makan bekal untuk sarapan, lalu makan siang dan malam makan di luar kulineran. Intinya sih, jangan 3x makan di luar kalau mau hemat tapi happy.

4. Pilih Wisata yang Gratis
jangan di kira wisata gratis itu gak seru loh. Singapura wisatanya bagus-bagus semua even itu hanya mall macam marina bay, itu tetap keren di kunjungi. Nah, wisata gratis di Singapura contohnya Botanic garden, Shoppes at Marina Bay Sands (wisata belanja dan pertunjukan air mancur laser Spektra), merlion park, wisata belanja di Mustafa, Tan Teng Niah house di Little India, Mesjid Sultan, Jalan Haji Lane, Garden by The Bay, dll. ada banyak buangetttt yang gratis, mungkin 20 lebih yang gak cukup di nikmati dalam seminggu wisata sekalipun. Pengeluaran kalian cukup untuk akomodasi saja, tidak untuk bayar tiket masuk wisata.

little India, Tan Teng Niah
5. Bawa tumbler
Air mineral disana kan agak mahal, kalaupun cuma $1.0 kalau sehari minum berkali-kali apalagi jalan kemana-mana ya banyak juga jadinya apalagi kalau bersama keluarga. Jadi mendingan membawa tumbler, karena air minum di kran yang gratis itu ada di banyak tempat. Tinggal diisi dan minum, segar loh karena biasanya suhunya cukup dingin meski bukan air es.

6. Buka Jastip
Memang sih kalau buka jastip itu butuh modal, tapi bisa saja yang jastip di suruh bayar duluan. Dengan catatan yang jastip adalah orang-orang yang kita percaya. Lumayan banget keuntungan jastip buat kita sendiri beli oleh-oleh. Waktu aku ke Singapura sih aku tidak buka jastip karena tidak bawa uang banyak, jadi aku prefer membeli oleh-oleh buatku sendiri.

7. Internet bersama
Jika kamu ke Singapura bersama teman-teman atau keluarga. Jika kamu memilih membeli paket roaming Di Indonesia ataupun beli simcard di Singapura, mendingan cukup 1 orang saja yang beli, sedangkan yang lain cukup ikut hotspot. Karena kalian di Singapura kan sibuk jalan-jalan, gak sempet ngeyutub atau nonton film streaming mungkin. Jadi paket kuota pasti cukup untuk pemakaian bersama.

8. Jangan malu bertanya
bertanya ini bisa ke orang Singapura-nya langsung atau ke teman-teman yang sudah pernah ke Singapura. Jangan malu bertanya agar kalian bisa menemukan tips hematnya. bertanya itu juga bisa di mulai sejak kalian di Indonesia, kumpulkan banyak informasi untuk penghematan. 

Contohnya saat itu aku mau ke Sentosa island dari harbourfront. Opsi yang banyak di tawarkan adalah dengan kereta cepat atau bis singkat. meski singkat ya tetap bayar. Setelah browsing dan banyak tanya, ternyata bisa jalan kaki. bahkan melewati lautnya itu pemandangannya indah banget, instagramable banget buat foto-foto juga. Jalannya meski 1 km lebih tapi engga capek karena pakai eskalator berjalan kaya di bandara itu, sambil jalan sambil foto-foto terus selama jalan juga banyak vending machine yang isinya lucu-lucu macam souvenir dan makanan. seru lah pokoknya dimana kondisinya gak bisa di nikmati kalau kalian naik kereta atau bis.

Dengan banyak hal yang bisa ku hemat akhirnya aku bisa tuh main ke Batam saat aku di Singapura. Bagaimana perjalanan kesana sudah aku tuliskan di Perjalanan dari Batam ke Singapura dengan kapal ferry penyeberangan.

ketika aku main ke batam, dari Singapura

Nah, itu tadi tips jalan hemat ke Singapura dari aku, semoga bermanfaat ya...

Comments

  1. ini mah emang berguna banget tips nya secara aku ngga pernah sukses sih hemat di Singapura, Semua serba mahal dan wowww banget. Pengen lama lama tapi kok ya ngga kuat sih hahahaha.

    ReplyDelete
  2. Tipsnya berguna sekali untuk emak-emak irit macam saya hihihi. Saya senang sekali kalau bisa jalan-jalan ke negeri orang tanpa harus mengeluarkan dana banyak. Praktis dan ekonomis

    ReplyDelete
  3. Seru mbak ke Singapore. Ibaratnya kalau ke sana tu satu langkah memberanikan diri sblm ke negara lain yang bahasanya gak ada Melayu2nya, mayoritas Inggris maksudnya, nah Singapura ini tempat berlatihnya hehe. Makasih tipsnya

    ReplyDelete
  4. Bener bgt kak, pas aku ke Singapore kmrn buka jastip juga hehe lumayan sih hehe. Makanan mahal2 euy disana wkwkwkkw. Thx for tipsnya kak :)

    ReplyDelete
  5. Ini penting banget, guideline kalau mau ke luar negeri.
    Sebenernya, kalau buka jastip, uda diperhitungkan kalau kena biaya bea-cukai gitu gak, kak Ruli?

    ReplyDelete
  6. Aku akan melakukan semuanya kecuali jastip. Duh gak bisa ngurusin jastip akutuh. Bingung nyari2 barangnya

    ReplyDelete
  7. Iya nih. Meski ibu-ibu saya suka jalan-jalan ala backpacker dan cari destinasi wisata gratis tapi bagus dan punya nilai cerita yang kuat. Traveler budget banget, yak. Wkwkwk,

    Makasih tipsnya Mbak

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular posts from this blog

HokBen Drive Thru Banjarbaru, Pertama Di Kalimantan

HokBen Drive thru Banjarbaru telah dibuka Siapa yang tidak kenal HokBen, kuliner bercitarasa Jepang yang sebenarnya berasal dari Indonesia ini sudah buka sejak 1985. Bukan waktu yang sebentar untuk mempertahankan citarasa dan pelayanan untuk semua konsumennya. Kuliner yang dulunya bernama Hoka-Hoka Bento ini, akhirnya buka di Banjarbaru pada 7 Desember 2023 dengan alamat di jl. ahmad yani km.35 kota Banjarbaru, Kalimantan Selatan. Dalam soft opening ini dilakukan pengguntingan pita sebagai tanda HokBen resmi di buka. Soft opening Hokben Drive thru          Para anggota pers dan blogger lokal Banjarbaru menghadiri soft openingnya yang tentunya ada banyak hal menarik yang bisa diulas di blog ini. Seperti saat opening HokBen di Banjarmasin pada bulan maret lalu, HokBen yang mempunyai tagline "pasti aman pasti halal" menghadirkan bintang tamu untuk edukasi halal. Nah, kali ini yang hadir adalah perwakilan dari Satgas Halal BPJPH, Muhammad Mubarok. Beliau memberikan banyak edukasi

Forum Sineas Banua, Edukasi Perfilman Untuk Banua

           Forum Sineas Banua (FSB)           Dulunya saya pikir, film itu bagi warga Kalimantan Selatan hanyalah untuk dinikmati saja, tak perlu dibahas secara serius karena toh tidak ada lawan diskusi yang mumpuni soal ini. Dulunya saya berpikir, Film hanyalah karya anak-anak di kota besar yang biasanya kita sebut kota-kota di Pulau Jawa dimana industri perfilman lebih maju dan banyak anak-anak mudanya yang berkuliah di bidang perfilman. Di Kalimantan Selatan sendiri, ada beberapa sekolah yang membuka jurusan perfilman, tapi mungkin belum semaju yang di Pulau Jawa. Se-underestimate itu saya pada dunia perfilman di Kalimantan selatan dulunya, provinsi dimana kami menyebut tanah ini sebagai Tanah Banua.

Malam seru di Jakarta Aquarium

Jakarta Aquarium, Aquarium besar di Jakarta   tempat wisata keluarga modern edukatif