Skip to main content

Wisata Keluarga Kebun Teh Wonosari, Arjuna Geopark

Wisata Keluarga Ramah Anak, Kebun Teh Wonosari
Lawang - Jawa Timur

Beberapa bulan lalu, alhamdulillah keluarga kami dapat rezeki lagi untuk bertandang ke Jawa timur dalam rangka wisuda untuk menyelesaikan studi saya di kampus ITS, Surabaya. Untuk menghemat budget, kami ke Surabaya dengan menggunakan kapal laut karena kami membawa serta mobil kami untuk traveling, daripada harus rental mobil.

Namanya naik kapal laut, lamanya perjalanan kadang sulit di prediksi sesuai gelombangnya. Alhamdulillah kami tiba lebih cepat dari prediksi karena saat itu gelombang laut sangat tenang. Jadi tiba di Surabaya subuh banget pukul 04.00-05.00 dinihari. Lalu kami bingung mau kemana, mau ke rumah sepupu juga gak enak terlalu pagi, apalagi sepupu aku punya anak kecil-kecil dan tinggal di wilayah padat penduduk. Destinasi wisata yang kami tuju rata-rata buka di jam 09.00 pagi. Sambil nyari alternatif mau kemana dulu (check in hotel juga belum bisa) kami mampir dulu di mcd yang buka 24 jam.

Akhirnya setelah googling, kami menemukan destinasi yang buka dari pukul 06.00 pagi yaitu kebun teh wonosari. Memang ada agenda mau kesana sih, jadi ya udah gaskeun langsung menuju tol kesana. Sebelum menuju lokasi, alhamdulillah ada kelewatan rumah salah satu bestie aku, jadinya silaturahmi mampir sambil numpang mandi setelah 18 jam lebih di kapal. Yang ternyata juga suguhin sarapan dan bekal diperjalanan, so sweet emang sohib yang satu ini MasyaAllah.

Menuju Wisata Keluarga Kebun Teh Wonosari, Lawang, Jawa Timur

Perjalanan menuju tempat wisata kebun teh Wonosari alias Arjuna geopark ini tidak terlalu jauh, dan tidak sampai ke Malang, cukup sampai area Lawang saja. Dan medannya cukup berliku. Untuk yang agak takut ketinggian seperti aku, bikin dag dig dug juga. Alhamdulillah suamiku cukup bisa diandalkan dalam hal ini.

Hamparan kebun teh Wonosari
Yang luas dan sejuk

Kebun Teh Wonosari ini adalah wisata keluarga ramah anak, dimana kebun teh milik PTPN XII ini berada pada ketinggian 1250 MDPL bisa membuat enjoy segala usia. Hamparan kebun teh yang luas, hawa yang sejuk, dan buka dari pukul 06.00 pagi merupakan layanan yang menurut kami pas. Hawa pagi yang pas enak-enaknya bisa langsung dirasakan. Apalagi ketika disana, tiket masuknya bisa langsung ditukarkan dengan welcome drink berupa teh hangat.

Welcome drink, teh hangat di pagi hari 💚

Ketiga anakku, Trio Q akhirnya tau oh ternyata ini toh tanaman teh yang sering dilihat di iklan, "pucuk..pucuk.." wujud tanaman aslinya begini ya. Hehehe. Untuk bisa menikmati teh hangat atau es teh, berawal dari perkebunan yang luas ini. Impian banget deh punya perkebunan produktif seperti ini, semoga Allah ijabah, aamiin.

Arjuna Geopark, Wonosari

Lalu apa bedanya kebun teh dan Arjuna Geopark? Kedua wisata ini berlokasi yang sama. Setelah melihat hamparan kebun teh yang luas dan sejuk, bisa langsung menuju Arjuna geopark dengan membayar tiket lagi, namun tiketnya gak mahal kok, apalagi kalau datang di hari kerja, murah meriah. Ibaratnya kalo pas bokek perlu healing insya Allah masih bisalah masuk tempat sejuk ini. Tiket hari kerja Rp 15.000 di hari kerja, dan Rp 20.000 di weekend.

Pemandangan Indah dan
Banyak spot foto estetik

Arjuna geopark adalah bagian dari kebun teh Wonosari yang berisi spot-spot foto estetik dengan icon-icon khas kebun teh Wonosari. Tentu saja kami mengambil banyak foto di Arjuna geopark terutama yang sekeluarga.

Kedai Teh Arjuna Geopark

Yang paling menyenangkan di Arjuna Geopark adalah kantin atau kedai tehnya. Disajikan banyak sekali jenis teh dimana para waiternya juga dengan senang hati menceritakan tentang berbagai teh tersebut. Baik teh hijau, teh putih, teh hitam, dll. Bagaimana kandungan tiap teh, bagaimana warnanya, harganya, hingga khasiat masing-masing untuk kesehatan. That's why aku menyebut Arjuna geopark dan kebun teh wonosari ini sebagai salah satu wisata keluarga, karena edukasi dapat, seneng-seneng dapet dan ramah anak pula. Masya Allah...

Edukasi Teh dari para Waiter Kedai Teh Arjuna

Review lain yang bisa aku ceritakan adalah, harga tiketnya berbeda antara hari biasa dan weekend tapi masih tergolong affordable. Harga di kedai tehnya juga tergolong wajar dan terjangkau. Nah, karena perkebunan ini milih negara, hati-hati kalau pas kesana ada acara. Karena sering juga disini diadakan acara instansi atau event apaaa gitu. Seperti ketika aku kesana saat itu sedang ada acara dari TNI AD. Sebenarnya kita tidak terganggu kok, tempat tetap dibuka, dan tetap leluasa. Cuma mungkin parkirnya jadi agak jauh, dan beberapa area mungkin di tutup.

Baca juga: Jalan Piknik Malam seru di Jakarta Aquarium

Nah, sekian cerita jalan piknik ala Mama ketika jalan-jalan di kebun teh Wonosari, Arjuna Geopark di Lawang, Jawa Timur. Semoga bermanfaat dan bisa jadi rekomendasi liburan wisata keluarga ramah anak di Jawa Timur. Setrlah dari kebun teh Wonosari ini, wisata keluarganya bisa lanjut ke taman safari atau ke Batu, Malang. Banyak sekali wisata disana dan ketika hari berangsur siang pasti sudah banyak juga tempat wisata yang buka.

Popular posts from this blog

HokBen Drive Thru Banjarbaru, Pertama Di Kalimantan

HokBen Drive thru Banjarbaru telah dibuka Siapa yang tidak kenal HokBen, kuliner bercitarasa Jepang yang sebenarnya berasal dari Indonesia ini sudah buka sejak 1985. Bukan waktu yang sebentar untuk mempertahankan citarasa dan pelayanan untuk semua konsumennya. Kuliner yang dulunya bernama Hoka-Hoka Bento ini, akhirnya buka di Banjarbaru pada 7 Desember 2023 dengan alamat di jl. ahmad yani km.35 kota Banjarbaru, Kalimantan Selatan. Dalam soft opening ini dilakukan pengguntingan pita sebagai tanda HokBen resmi di buka. Soft opening Hokben Drive thru          Para anggota pers dan blogger lokal Banjarbaru menghadiri soft openingnya yang tentunya ada banyak hal menarik yang bisa diulas di blog ini. Seperti saat opening HokBen di Banjarmasin pada bulan maret lalu, HokBen yang mempunyai tagline "pasti aman pasti halal" menghadirkan bintang tamu untuk edukasi halal. Nah, kali ini yang hadir adalah perwakilan dari Satgas Halal BPJPH, Muhammad Mubarok. Beliau memberikan banyak edukasi

Forum Sineas Banua, Edukasi Perfilman Untuk Banua

Forum Sineas Banua (FSB)           Dulunya saya pikir, film itu bagi warga Kalimantan Selatan hanyalah untuk dinikmati saja, tak perlu dibahas secara serius karena toh tidak ada lawan diskusi yang mumpuni soal ini. Dulunya saya berpikir, Film hanyalah karya anak-anak di kota besar yang biasanya kita sebut kota-kota di Pulau Jawa dimana industri perfilman lebih maju dan banyak anak-anak mudanya yang berkuliah di bidang perfilman. Di Kalimantan Selatan sendiri, ada beberapa sekolah yang membuka jurusan perfilman, tapi mungkin belum semaju yang di Pulau Jawa. Se-underestimate itu saya pada dunia perfilman di Kalimantan selatan dulunya, provinsi dimana kami menyebut tanah ini sebagai Tanah Banua.

Malam seru di Jakarta Aquarium

Jakarta Aquarium, Aquarium besar di Jakarta   tempat wisata keluarga modern edukatif