Skip to main content

HokBen Drive Thru Banjarbaru, Pertama Di Kalimantan

15 Tempat Jalan Santai Keluarga Ramah Anak Di Banjarbaru

Wisata Edukasi keluarga
ramah anak di Banjarbaru

Halo, Selamat datang di kota Banjarbaru.
Jika kalian baru saja pindah ke kota ini atau sekedar berlibur disini dan mencari tempat jalan santai keluarga yang nyaman terutama untuk membawa anak-anak saat weekend atau sekedar jalan sore, maka di postingan ini akan saya share 15 tempat jalan santai keluarga yang ramah anak di Banjarbaru. Kota yang berjuluk kota idaman ini, memiliki banyak destinasi wisata yang nyaman untuk keluarga yang bahkan menjadi tujuan wisata bagi masyarakat di kota-kota lainnya di seputar Kalsel.

Berikut daftar wisata edukasi ramah anak yang nyaman untuk jalan santai keluarga di Kota Banjarbaru:


1. Amanah Borneo Park
Amanah borneo park adalah tempat piknik edukasi yang cukup luas dan cukup banyak wahananya. mulai dari melihat area kelinci dan bisa feeding, sepeda air, kebun buah naga, rumah terbalik, rumah hantu, hingga kolam renang ada disini dalam satu area. tiket masuknya terjangkau dan lokasinya tidak jauh dari pusat kota Banjarbaru

2. Danau Seran
Danau Seran ini juga tidak jauh lokasinya dari Amanah Borneo Park. Danau ini cukup menarik karena setiba di danau kita bisa naik kapal sebentar untuk menuju ke pulau kecil di tengah danau. Di pulau kecil ini kita bisa merasakan layaknya piknik dengan menggelar tikar dan makan-makan sambil menikmati angin sepoi di bawah pohon-pohon pinus. Sudah berasa kaya di pantai ya. Uniknya lagi di pulau kecil ini ada kolam renangnya juga. Kolamnya dangkal dan memang di peruntukkan untuk anak-anak, dan orang tua bisa mengawasi sambil piknik di gelaran tikar tadi atau di gazebo-gazebo yang tersedia. Area parkir disini sangat luas, sehingga bisa leluasa datang jam berapapun. tiket masuknya jiuga sangat terjangkau, jadi rugi banget kalau enggak mampir kesini 


3. Taman Kreasi
Taman kreasi ini adalah area kecil di dekat kantor PLN di jalan Panglima batur tempat anak-anak muda berkreasi. Disini ada are bermain skateboard, dan tempat-tempat duduk yang cukup nyaman untuk para remaja berkumpul dan berkreasi.

4. Lapangan Murjani
Lapangan Murjani bisa dikatakan objek vital di Kota Banjarbaru dimana semua kegiatan resmi biasanya dilakukan disini. Misalnya upacara 17-an, bazaar, expo, tabligh akbar, solat ied, konser musik, pameran dan perayaan berbagai moment, hingga car free day. Jadi lapangan murjani ini meski hanya sekedar lapangan, namun tidak pernah sepi. Bahkan setiap sore hingga malam, tempat ini di hari-hari biasa seperti pasar malam. Ada pedagang jagung bakar, indomie, dan kopi-kopian di sekeliling lapangan. Ada juga mobil lampu hias, motor-motoran dan otoped yang disewakan di area lapangan kalau malam hari.


5. CFD Gubernuran
Area perkantoran pemprov Kalsel, atau biasanya disebut area gubernuran. kalau hari minggu biasanya digunakan orang untuk olahraga dan area car free day. Dimana pada area car free day sendiri menjual berbagai makanan dan cemilan, hingga baju-baju, tanaman dan kebutuhan sehari-hari. Sudah seperti pasar minggu lah pokoknya. Jadi selesai berolahraga bisa langsung sarapan dan belanja-belanja disini.

6. Taman Van Der Pijl
Taman ini adalah taman iconic-nya Banjarbaru. Untuk yang jarang mampir ke kota ini, sempetin sebentar saja mampir ke taman ini melihat taman yang sudah ada sejak jaman dulu kala bahkan sebelum kota Banjarbaru ini berdiri. Taman ini dipenuhi banyak pohon rindang, playground, kadang ada wahana bermain juga. Yang menarik di taman ini adalah tulisan gede, Dream city, sebagai julukan kota Banjarbaru yaitu kota idaman. Jadi kalau ke taman ini jalan lupa untuk berfoto dan duduk-duduk santai.

7. Aquatica Waterpark
Aquatica ini salah satu waterpark yang sudah cukup lama berdiri. Tiket masuknya tergolong murah dengan banyak sekali jenis kolam renang. Dari yang dangkal hingga yang dalam, dari seluncuran mini hingga yang tinggi. Dari yang besar hingga kolam yang sempit untuk sekedar rebahan diatas ban, semua ada. Enaknya lagi, disini kita boleh membawa makanan dari luar sehingga kalau mau rombongan kesini, membawa makanan sudah berasa beneran piknik. Meski begitu, di dalam juga ada penjual makanan lainnya bagi yang tidak membawa makanan.

8. Kebun Raya Banua
Kebun raya ini memiliki area yang sangat luas yang biasanya tempat ini dijadikan tempat study tour mini bagi sekolah-sekolah yang ada di Banjarbaru untuk sekedar belajar di luar sekolah dalam sehari. Disini ada berbagai jenis tanaman ang bisa diperkenalkan, wahana bermain anak hingga taman labirin. Biasanya karena tempat ini sangat luas juga dijadikan tempat berlangsungnya event-event menarik.

9. Kampung Pelangi
Kampung pelangi ini adalah sebuah kampung kecil di pusat kota yang berada di tepian sungai. Awalnya kampung pinggiran bantaran sungai ini nampak kurang terawat, namun setelah di cat dengan berwarna warni dan bersih, akhirnya justru jadi tempat asik buat jalan-jalan sore bersama keluarga. Jalan di bantaran sungai sambil jajan-jajan streetfood, tentu jadi hal yang seru juga dinikmati di sela-sela kesibukan di hari kerja.

10. Taman Hutan Hujan Tropis Indonesia (TH2TI)
Lokasi TH2TI ini ada di area kantor Pemprov Kalsel. Dimana hutan buatan ini dibuat untuk keseimbangan alam di area bangunan perkantoran. Areanya tidak terlalu luas, namun cukup edukatif dan seru mengajak anak jalan disini. Pohon-pohonnya diberi nama, ada gazebo-gazebo, ada toilet yang bersih dan ada area jalan kaki yang bisa dijadikan jogging track juga.

11. Bangkal Forest
Bangkal forest ini ada hutan mini buatan, dimana di tempat ini kemping dan berenang untuk anak-anak. kolamnya dangkal saja dan ada beberapa kamar untuk penginapan. bisa juga kalau mau kemping dengan tenda. Di tempat ini juga disediakan peralatan barbeque untuk ang menginap di penginapannya. tiket masuknya cukup murah dan ada aulanya juga sehingga banyak juga sekolah atau instansi yang membuat acara di aula Bangkal forest ini. Tempatnya yang di penuhi pohon rindang membuat terasa seperti di hutan meski sebenarnya berada di tengah-tengah kawasan rumah saja.

12. Hutan Pinus Mentaos

hutan pinus ini merupakan hutan kota yang sudah ada sejak dulu banget bahkan dikatakan tempat wisata tertua di Banjarbaru yang ada sejak tahun 1970an. Hutan ini tentu saja dikelilingi oleh pohon pinus yang kini ditambah dengan hiasan taman kekinian seperti payung warna warni, pedagang jajanan rakyat dan gazebo-gazebo tempat bersantai. luasnya memang cuma 2 ha saja, tapi untuk wisata jalan-jalan santai sore keluarga, disini recommended juga.


13. Museum Lambung Mangkurat
Bentuk museum ini cukup unik dengan bentuk atap khas Banjar yaitu bubungan tinggi, museum ini biasanya banyak dikunjungi para pelajar dari kota-kota lain. Jadi sayang banget donk kalau sudah di Banjarbaru tapi enggak mampir sekalian kesini. Banyak part dalam museum ini mulai jaman pra sejarah hingga sejarah dan berbagai etnis budaya di tampilkan. Jumlah koleksinya lebih dari 12000 item dimana bangunannya juga selain bangunan utama ada juga bangunan tambahan lainnya. Kalau sudah mampir ke museum ini, auto bakal tau banyak tentang Kalimantan selatan.

14. Kampung Purun
Ada produk-produk anyaman khas Kalimantan selatan yang banyak dijual di masyarakat yang bahannya disebut purun. Kampung purun disini adalah kampung dimana pengrajin purun ini berkumpul dan menjual produknya di tangan pertama. Kalau sudah masuk toko-toko suvenir tentu harganya akan beda lagi nantinya. Tidak setiap hari para pengrajib purun ini berkumpul, kadang mereka menganyam di rumah masing-masing saja, namun bila ada janjian tamu rombongan datang biasanya mereka akan berkumpul di satu titin lokasi untuk menunjukkan karya dan cara-cara pembuatannya. Tapi meskipun misalnya kita datangnya hanya sekeluarga tidak rombongan, biasanya di kampung purun ini tokonya buka setiap hari kok.

15. The Breeze Waterpark
Oke, the breeze waterpark adalah wahana tempat bermain air yang belum lama ini buka, tempatnya tidak jauh dari bandara syamsudin noor. Tempat ini tampak lebih eksklusif karena tiket masuknya cukup lumayan dan tidak boleh membawa makanan dari luar. Siapkan budget bila kesini. Namun sesuai dengan harganya, tempat ini menawarkan suasana yang lebih lengang dan santai. Nyaman untuk kalian yang tidak terlalu suka keramaian.

====================================


Nah, semoga informasinya bermanfaat ya. Enjoy bersama keluarga di Banjarbaru. Jangan lupa untuk saling menjaga objek wisata Banjarbaru agar selalu terawat ya, jaga kebersihan dan fasilitas umumnya agar tetap nyaman dipakai seluruh pengunjung yang datang.

Comments

Popular posts from this blog

HokBen Drive Thru Banjarbaru, Pertama Di Kalimantan

HokBen Drive thru Banjarbaru telah dibuka Siapa yang tidak kenal HokBen, kuliner bercitarasa Jepang yang sebenarnya berasal dari Indonesia ini sudah buka sejak 1985. Bukan waktu yang sebentar untuk mempertahankan citarasa dan pelayanan untuk semua konsumennya. Kuliner yang dulunya bernama Hoka-Hoka Bento ini, akhirnya buka di Banjarbaru pada 7 Desember 2023 dengan alamat di jl. ahmad yani km.35 kota Banjarbaru, Kalimantan Selatan. Dalam soft opening ini dilakukan pengguntingan pita sebagai tanda HokBen resmi di buka. Soft opening Hokben Drive thru          Para anggota pers dan blogger lokal Banjarbaru menghadiri soft openingnya yang tentunya ada banyak hal menarik yang bisa diulas di blog ini. Seperti saat opening HokBen di Banjarmasin pada bulan maret lalu, HokBen yang mempunyai tagline "pasti aman pasti halal" menghadirkan bintang tamu untuk edukasi halal. Nah, kali ini yang hadir adalah perwakilan dari Satgas Halal BPJPH, Muhammad Mubarok. Beliau memberikan banyak edukasi

Forum Sineas Banua, Edukasi Perfilman Untuk Banua

           Forum Sineas Banua (FSB)           Dulunya saya pikir, film itu bagi warga Kalimantan Selatan hanyalah untuk dinikmati saja, tak perlu dibahas secara serius karena toh tidak ada lawan diskusi yang mumpuni soal ini. Dulunya saya berpikir, Film hanyalah karya anak-anak di kota besar yang biasanya kita sebut kota-kota di Pulau Jawa dimana industri perfilman lebih maju dan banyak anak-anak mudanya yang berkuliah di bidang perfilman. Di Kalimantan Selatan sendiri, ada beberapa sekolah yang membuka jurusan perfilman, tapi mungkin belum semaju yang di Pulau Jawa. Se-underestimate itu saya pada dunia perfilman di Kalimantan selatan dulunya, provinsi dimana kami menyebut tanah ini sebagai Tanah Banua.

Malam seru di Jakarta Aquarium

Jakarta Aquarium, Aquarium besar di Jakarta   tempat wisata keluarga modern edukatif